Langsung ke konten utama

Hasil kayu balsa per pohon






harga kayu BALSA per batang sering ditanyakan oleh teman-teman dan klien kami tetapi selama ini kami tidak pernah mau menjawabnya karena patokan harga memang bukan pada "harga per batang" tetapi patokan harga POHON BALSA ada pada kubikasi, kami selalu mengatakan bahwa harga kayu ke pengguna/industri  itu per meter kubik bukan per batang atau per pohon.


Tidak sabar membaca tulisan ini? oke "JAWABAN CEPAT"-nya Rp.1000.000 per batang. 
tetapi kami sarankan anda membaca tulisan ini secara keseluruhan.

Sebagian dari kita pasti ada yang menyanggah pernyataan saya di atas bahwa "harga kayu per kubik, bukan per batang", mungkin ada menyanggah saya dengan sebuah ungkapan "tetapi biasanya orang beli per batang kok".

BETUL, para pedagang kayu tentu akan membeli per batang tetapi mereka menjualnya per meter kubik, para pedagang ini dalam istilah jawa membeli dengan model "tebasan", tebasan, menebas /spekulan atau penjelasan bahasa Indonesianya "pedagang membeli dengan sebuah tafsiran atau asumsi, para pembeli ini membuat perkiraan dan spekulasi satu batang akan jadi berapa kubik, dari situ para pedagang membuat harga beli pada kayu kita". Para pedagang tebas ini biasanya menjual kepada supplier pabrik, kemudian supplier pabrik bawa ke pabrik.

Kalau kayu yang kita punya cuma 10 atau 20 pohon tentunya akan kita jual dengan pedagang tebasan ini, tetapi kalau kita punya ribuan pohon balsa  dengan investasi yang tidak sedikit tentunya akan lebih baik kita jual ke pabrik langsung atau setidaknya ke supllier pabrik sehingga mendapatkan harga yang lebih bagus.

Dalam tulisan kali ini saya akan memberikan jawaban mengenai "harga kayu balsa  per batang"  dengan pendekatan yang sederhana.

Sebelum saya berikan gambaran harga kayu, mari kita ingat 5 hal ini baik-baik ..
1.           Harga kayu sengon per batang tentunya tergantung pada besarnya  kayu (diameter kayu)
2.           Besarnya batang kayu (diameter kayu) tentunya juga tergantung pada umur kayu
3.           Juga ditentukan oleh ketinggian pohon tersebut
4.           jarak tanam dan kondisi lahanbibit, air dan cahaya
5.           Dan..... sayangnya... umur kayu juga masih tergantung pada perawatannya...... RAWAT POHON ANDA BAIK-BAIK, selanjutnya mari berhitung.








Hitungan Harga Kayu balsa  per Batang
1.           Jika umur kayu anda + 6 tahun dan perawatan yang standar
2.           Maka kita bisa berharap diameter kayu di atas 30  cm
3.           Jika diameter kayu anda 30 cm ke tinggi 13 -15 meter lurus ke  atas maka 1 pohon akan menghasilkan sekitar 0.9  - 1,1  m3 log super yang lurus.

  Bisa cek volume kayu disini

                                         https://www.timberpolis.co.uk/calc-roundwood-volume.php#goToPage

4.           Jika harga kayu balsa  per m3 diameter 16 cm ke atas saat ini 2 juta per kubik terima di pabrik maka harga kayu per pohon antara Rp.1.500.000  s/d Rp.2.200.000 , tentunya anda akan ambil tengah-tengahnya sebagai asumsi yaitu Rp.1600.000. (belum dipotong ongkos tebang dan angkutan ke pabrik , anggap saja  biaya tebang angkut 20 persen sd 30 persen maka per pohon balsa  bersih akan diterima sekitar rp.1000.000-1.200.000 , )


pohon Balsa siap panen

Kembali, sebelum kita berharap harga kayu balsa  kita, sebuah pertanyaan harus dilemparkan kepada kita dulu "apakah kita merawat pohon kita dengan baik?" karena beda perawatan beda hasil. Sebatang pohon dengan perawatan baik jauh berbeda dengan pohon yang diumbar, sehingga ungkapan di bawah ini menjadi semacam kritikan buat diri kita...

log kayu balsa


"kalau kita berbuat baik pada tanaman pasti tanaman akan berbuat baik pada kita, tetapi kalau berbuat baik kepada manusia, jangan harapkan manusia tersebut akan berbuat baik kepada kita! belum tentu.. berbuat baik kepada  manusia lebih baik di-ikhlaskan daripada sakit hati"

makanya menanam pohon balsa bagai menanam emas, tanam sebanyak mungkin

untuk benih dan bibit balsa super hubungi bp Ardha P   wa.me/6281328519551



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

mudahnya menanam balsa

TAK SULIT MENGEBUNKAN BALSA Sebagai komoditas yang akan segera menyaingi Sengon dan Jabon, Balsa tidak sulit dikebunkan. Namun ada beberapa hal yang harus diketahui agar kita tidak mengalami masalah di lapangan nantinya dalam budidaya kayu Balsa ini. Untuk beberapa areal lahan yang cenderung kering, Balsa bisa ditanam saat musim penghujan agar tidak mengalami kerepotan penyiraman. Yang harus pertama disiapkan adalah bibit. Bibit Balsa siap tanam berukuran minimal tinggi 20   cm dengan   5-6   helai daun sehat. Sebelum tanam, pastikan kita telah membuat lobang tanam dengan ukuran lebar dan dalamnya masing masing 50 cm. Lobang tanam kita angin anginkan minimal seminggu sebelumnya. Untuk jarak tanamnya, bisa kita pakai 3x3 meter (dengan penjarangan) atau 4x4 meter. Bisa juga memakai jarak tanam 6x2 meter. Setelah diangin anginkan satu minggu agar beberapa penyakit dan hama musnah, kita campur tanah galian lobang tanam dengan pupuk kandang sebanyak 4-5 kilogram. Campuran

Hasil balsa per hektar? Wow menakjubkan

Hasil kayu  balsa per hektar, sering kali kami dapat pertanyaan berapa hasil pohon balsa per hektar?   Sebenarnya pertanyaan seperti ini memerlukan jawaban panjang x lebar Akan tetapi  okelah kami jawab saja Sebenernya ada penelitian akurat dari Papua Nugini yang sudah masuk ke jurnal ilmiah sekian tahun lalu. Yaitu ada  5 lokasi yang di ditanami kayu balsa dengan jarak tanam 3 x3 meter dan populasi per hektar 1100 pohon Ternyata hasilnya berbeda beda antara satu tempat dengan lainnya. Setelah di cek  usia panen  48 bulan atau 4  tahun site / lokasi terendah menghasilkan 250 kubik per hektarnya Dan tertinggi  per hektar adalah sekitar 450 kubik Kenapa beda? Ya karena kesuburan tanah dan lokasi beda, air dan hara nya juga beda mas bro.. Lokasi paling subur ya hasilnya paling banyak Dengan harga log balsa saat ini ( tahun 2020 ) sekitar 1.5-2 juta per kubik  , maka akan menghasilkan sekitar 300-500 juta bersih dalam 4 tahun  Berikut kami lampirkan data nya di